Belajar Sculpting [Bagian 03]

Sculpting Tools

-
Dalam proses sculpting kita nantinya akan membutuhkan alat bantu untuk mempermudah pekerjaan kita, saya coba share sedikit pengalaman saya mengenai alat-alat sculpting atau bahasa kerennya sculpting tools hehehehe...

Pada dasarnya alat sculpting terbaik adalah jari jemari kita, namun tentunya ada keterbatasan dalam melakukan pekerjaan detailing khususnya bila membuat model/objek yang kecil, terkadang jari terkecil kita kelingking pun tak akan maksimal untuk melakukannya, untuk itulah kita memerlukan alat yang tidak maksimal bila dikerjakan dengan jari kita.

Ada banyak jenis sculpting tools sesuai dengan jenis dan fungsinya, bentuk sampai ukurannya. Saya tidak akan membahas satu persatu karena saya juga tidak punya pengalaman tentang semua tools tersebut (halah....!:P), tapi menurut saya ada beberapa tools 'wajib' yang akan membantu dalam proses sculpting kita.

Shaping tools
Tools ini akan sangat membantu untuk lebih mempermudah kita dalam proses pembetukan bentuk, Alat ini seperti kuas tapi terbuat dari sejenis karet lentur dengan berbagai macam bentuk, ada juga yang terbuat dari kayu atau plastik dengan bentuk pipih, kegunaannya untuk memaksimalkan proses membentuk atau membantu membentuk permukaan yang halus.
Shaping tools(image from google)

Detailing & Smoothing Tools
Ada 3 bentuk dasar yang menurut saya akan banyak diperlukan dalam proses detailing, yaitu tool dengan unjung bulat/bola kecil (stylus ball), tool dengan bentuk ujung runcing dan tool dengan ujung seperti sendok (baik persegi atau oval)
Detailing Tools(image from google)
Smoothing tools sangat membantu untuk menghaluskan atau merapihkan lekukan-lekukan dan bentuk-bentuk detail yang lainnya atau untuk menutup lubang atau celah.
Smothing tools (from Google)

Cleaning tools
Alat seperti pisau kecil dengan bentuk mulai melengkung sampai lurus yang digunakan untuk membersihkan atau membuang bagian-bagian yang tidak diinginkan dengan proses mengkikis, 'mengarsir' dan seterusnya.
Cleaning tools (from Google)

Itulah tools yang menurut saya 'wajib' kita punya, biasanya dijual per set dengan berbagai macam bentuk dan ukuran dalam 1 setnya, walaupun kita ga butuh 1 set hehehehehe..., dan beberapa perlatan tambahan seperti pisau atau roll untuk memipihkan clay yang nantinya akan sering kita butuhkan.

Mau beli silahkan karena sudah banyak yang menjual sculpting tools itu, mau bikin sendiri juga silahkan karena di google banyak tutorialnya, Oia maaf kalau ada salah penamaan dan penjelasan fungsi toolsnya, karena itu bahasa yang biasa saya gunakan dan sekedar share saja... :P



No comments:

Post a Comment

Latest Project

helboy papercraft
Andrpid Robo Charger

Recent Comments